Posted November 8, 2017 by admin in Berita

Peralihan Kepemimpinan Forum Studi Pembangunan “Agora Dialektika” (FSP Agora Dialektika)

AG1 A
AG1 A

Program Magister Studi Pembangunan ITB memiliki forum yang bersifat informal untuk memacu diskusi dari mahasiswa dan mendukung perjalanan intelektual mereka. Forum ini dinamai Forum Studi Pembangunan “Agora Dialektika” (FSP Agora Dialektika). Forum ini berfokus pada proses dialog antara mahasiswa dan, tidak jarang, dosen pun seringkali turut ambil bagian. Baik dialog teoretik ataupun praktis seringkali dilakukan dalam forum ini tanpa ada waktu yang pasti. Jika melihat dari sebuah sudut pandang, FSP Agora Dialektika dapat dianalogikan sebagai forum warung kopi beserta akademisi Program Magister Studi Pembangunan.

Forum ini dimulai ketika ada peluang kontribusi di Forum Asia-Afrika di tahun 2014. Awal mula keterlibatan FSP Agora Dialektika diangkat dari mengelola sebuah diskusi publik mengenai Teknopolis Gedebage di Bandung. Sadar akan perlunya atmosfer akademik yang lebih luas dan tertata dengan baik, maka Forum Studi Pembangunan Agora Dialektika dibentuk, beranggotakan 3 orang mahasiswa Program Magister Studi Pembangunan. Tahun 2017 ini, FSP Agora Dialektika berumur 3 tahun dan pada tanggal 3 November kemarin mengalami pergantian ketua, dari John Petrus pada Wulan Sari.

Selama kepemimpinan John, FSP Agora Dialektika mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Mulai dari terciptanya diskusi rutin di hari Jumat yang melibatkan masyarakat umum hingga akademisi ITB, menulis berbagai paper akademis yang dipresentasikan di forum-forum nasional, hingga menjadi salah satu peserta pada forum terbuka dari SeskoAD

Selamat bertugas pada Wulan Sari, semoga kontribusi Forum Studi Pembangunan “Agora Dialektika” pada Bangsa Indonesia semakin luas, demi Tuhan, Bangsa dan Almamater.