Posted November 15, 2017 by admin in Berita

PMSP ITB dalam Seminar Habitechno 3: “Ecoregion as a Verb of Settlement Technology and Development”

SN
SN

Lingkungan dan pembangunan adalah dua hal yang selalu dikontraskan dalam perencanaan sebuah kawasan. Munculnya permukiman atau berubahnya sebuah kawasan menjadi bagian dari hunian manusia memberikan dampak tertentu bagi lingkungan. Ketika menjawab pertanyaan mana yang harus diprioritaskan ketika dihadapkan pada pilihan permukiman yang berfokus pada kebutuhan manusia atau lingkungan sebagai tempat hidup manusia, maka sains dan teknologi adalah bidang kaji ke mana kita akan berpaling. Sayangnya, tidak ada keterkaitan secara eksplisit atau spesifik terkait teknologi, lingkungan dan permukiman dalam menjawab dilema tersebut. Keterkaitan tersebut yang bermaksud diisi oleh seminar Habitechno 3 yang bertajuk “Ecoregion as a Verb of Settlement Technology and Development”.

Seminar Habitechno 3  yang diadakan oleh Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ini adalah sebuah seminar internasional biennial (dua tahunan) yang menjalani event ketiganya dari sejak tahun 2013. Beberapa mahasiswa dan dosen dari TU Delft, University of Nottingham Seoul National University dan University of Kitakyushu mengisi sesi pararel dalam seminar ini. Selain itu, beberapa universitas dan institut nasional juga ikut mengisi dan menghadiri seminar ini, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Islam Bandung, serta Universitas Kristen Petra juga turut mengisi sesi presentasi paralel.

Alumnus Program Magister Studi Pembangunan, Softy Nuzzela, memberikan paparan dalam sesi poster. Sesi poster adalah sesi di mana kontributor untuk seminar Habitechno 3 ini memberikan presentasi mereka mengenai penelitian mereka. Sesi poster ini diadakan untuk mengakomodasi kontributor seminar Habitechno 3 ini yang ternyata sangat banyak dan tidak terakomodasi dalam sesi paralel, dalam hal ini Softy termasuk yang diakomodasi pada sesi poster.

Softy menjelaskan mengenai papernya yang menjadi kontribusi pada seminar Habitechno 3 ini. Paper Softy yang menjadi kontribusi merupakan rangkuman dari tesisnya yang mengulas tentang Skywalk di Cihampelas, Bandung. Paper dan poster yang dipresentasikan oleh Softy bertajuk “Recreational and Market Spatial Conformity on Bandung Skywalk: An Actor-Network Perspective”. Paper ini mengulas bagaimana berbagai definisi mengenai konseptualisasi ‘ruang’ terwujud di Teras Cihampelas dan saling berinteraksi satu dengan lainnya.

Seminar Habitechno ini ditutup dengan ulasan mengenai seminar dan pidato penutupan dari Dr.-ing. M. Donny Kurniawan.