Kuliah Tamu Mata Kuliah SP6106 Studio Praksis Pembangunan

Pada tanggal 14 September 2018 Program Magister Studi Pembangunan Institut Teknologi Bandung  (PMSP ITB) menyelenggarakan  kuliah tamu pada mata kuliah SP6106 Studio Praksis Pembangunan. Bertempat di ruang kelas lantai 1 gedung Program Magister Studi Pembangunan, kuliah tamu ini dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Magister Studi Pembangunan  angkatan 2017.

Program kuliah tamu ini  menghadirkan para pakar praktisi di bidang yang sesuai dengan mata kuliah yang dipelajari.  Tujuan diadakannya kuliah tamu ini adalah untuk memberi wawasan kepada mahasiswa terkait pengalaman para ahli di lapangan. Dengan demikian mahasiswa tidak hanya memahami teori dari mata kuliah yang dipelajari  namun juga diperkaya dengan gambaran yang terjadi di lapangan.

Pada penyelenggaraan kuliah tamu kali ini bertindak sebagai dosen tamu adalah Bapak H. Tata Irawan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung dengan membawakan tema “Potensi Masalah dan Kebijakan Pengembangan Pedesaan di Kabupaten Bandung”.  Beberapak pokok bahasan yang disampaikan Bapak H. Tata Irwan pada kuliah tamu ini adalah perihal dasar hukum yang berkaitan dengan hak dan kewajiban desa, kelembagaan desa, pembangunan desa, siklus pembangunan desa, realitas distribusi kegiatan desa, lokasi dan alokasi, alokasi dana perimbangan, tim pedamping profesional, serta  permasalahan dan hambatan. Sesi akhir dari rangkaian kuliah tamu diisi dengan tanya-jawab sehingga mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan dan cara pandang baru terhadap permasalahan yang terjadi dilapangan.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz