Rapat Kurikulum Program Magister Studi Pembangunan

Sejak tanggal 1 Agustus 2018, Program Magister Studi Pembangunan ITB rutin mengadakan rapat kerja mingguan untuk penyesuaian dan perbaikan kurikulum 2013 yang sedang berjalan. Penyesuaian dan perbaikan ini ditujukan sebagai continuous improvement dalam proses pengembangan Program Magister Studi Pembangunan, serta menyiapkan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Penyesuaian dan perbaikan yang diangkat pada setiap rapat kerja ini adalah mengenai mata kuliah dan sistem pembelajaran yang akan diadakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Rapat hari Rabu, tanggal 15 Agustus 2018 membahas perihal mata kuliah Etika Pembangunan yang diampu oleh Ibu Indah Widyastuti, Ph.D dan Evaluasi dan Analisis Kebijakan Publik yang diampu oleh Ibu Puspita Dirgahayani, Ph.D. Ibu Indah memaparkan mengenai urgensi mahasiswa untuk mengenali wacana etika dalam pembangunan yang seringkali digunakan tanpa kritisisme yang cukup. Sementara Ibu Puspita mengangkat mata kuliah Evaluasi dan Analisis Kebijakan Publik yang akan mengantarkan mahasiswa mengenali konten kebijakan dan proses pengambilan keputusan yang baik.

Aktivitas rapat kerja terkait pengembangan kurikulum ini, rencananya, akan dijadikan sebuah agenda rutin di Program Magister Studi Pembangunan ITB. Selain menjadi sebuah media untuk pengembangan yang berkelanjutan, forum dosen ini juga diharapkan bisa berkembang untuk menjadi sarana membahas persoalan terkait proses pembelajaran, persoalan mahasiswa, serta kegiatan akademik lainnya. Melalui forum ini, Program Magister Studi Pembangunan ITB juga memperbaharui bahasan isu-isu mengenai pembangunan, sosial, ekonomi, politik, serta kemasyarakatan untuk diangkat menjadi studi kasus pada mata kuliah dengan bahasan yang relevan. Hal ini akan membentuk lulusan Program Magister Studi Pembangunan ITB menjadi seseorang dengan pengetahuan yang relevan dengan isu terkini, serta mampu kritis dalam menghadapi permasalahan pembangunan.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz