Sidang Tesisi 23-02-2017

SIDANG TESIS FEB 2017Abstrak : Pelaksanaan PNPM PISEW berakhir pada tahun 2014, yang berarti segala kegiatan pembangunan, pembinaan program, termasuk pendampingan oleh fasilitator telah selesai. Terdapat infrastruktur PNPM PISEW dalam kondisi rusak dan terbengkalai, yang mengindikasikan berakhirnya upaya pemanfaatan atau pemeliharaan oleh masyarakat, namun terdapat pula infrastruktur yang masih dimanfaatkan serta dikembangkan hingga melampaui perencanaan awal. Beranjak dari kondisi tersebut, dalam penelitian dilakukan penelusuran mengenai motivasi, cara pandang, serta kendala masyarakat dalam upaya pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur pasca berakhirnya program, secara mandiri dan melibatkan masyarakat.

Penelitian bertujuan untuk mengungkap permasalahan serta peluang yang dimiliki masyarakat dalam pemanfaatan  dan pemeliharaan infrastruktur secara mandiri melalui penelusuran terhadap motivasi, cara pandang, serta kendala masyarakat dalam upaya pelestarian dan keberlanjutan pemanfaatan infrastruktur yang dibangun melalui partisipasi masyarakat itu sendiri. Penulis menggunakan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian berupa kasusu jamak (collective or multiple  case study), dengan pandangan bahwa dengan memahami objek penelitian secara kolektif, dapat mengikatkan pemahaman terhadap fenomena yang diamati.

Dalam upaya pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur, tidak terdapat kemandirian dan keterlibatan yang bersifat mutlak pada masyarakat. Adapun keberhasilan pemanfaatan ditentukan oleh signifikansi yang diberikan oleh infrastruktur sebagai penyedia akses-akses baru terhadap sumber-sumber daya. Pergerakan masyarakat untuk kegiatan pemeliharaan cenderung bersifat sebagai “mobilisasi” masyarakat, bukan merupakan perwujudan dari kesadaran dan kepedulian serta tanggung jawab masyarakat terhadap pentingnya pembangunan yang bertujuan untuk perbaikan mutu hidup mereka.